Diberdayakan oleh Blogger.
RSS



Makanan Khas Cilacap
Februari 14, 2008, 7:36 am
Filed under: Tulisan baru
 MENDOAN
MAKANAN KHAS CILACAP
Di Kabupaten Cilacap ada beberapa produk makanan yang menjadi cirri khas daerah ini. Makanan tersebut antara lain stik sukun, sale pisang, criping pisang, krupuk ikan tengiri, serta berbagai produk kelautan seperti terasi, ikan asin, kerupuk dan sebagainya.sebagian besar produk makanan khas ini merupakan produk olahan rumah tangga dan masih menggunakan tenaga keluarga.
Pada dasarnya produk makanan khas Cilacap ini sudah memiliki pasar tersendiri, bahkan untuk beberapa produk sudah ada yang dikirim keluar daerah. Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh para produsen diantaranya adalah teknologi produksinya masih menggunakan teknologi padat karya, artinya masih mengandalkan tenaga manusia untuk produksi.Yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari adalah tempe mendoan. Tempe mendoan yang terdapat di daerah Cilacap ini cenderung berbeda dengan daerah lain yaitu cenderung lebuh lebar, tipis, dan memiliki rasa yang sangat lezat. Namun seiring dengan naiknya harga bahan dasar tempe yaitu kedelai yang naik saat ini ukuran tempe mendoan yang ada saat ini cenderung lebih kecil dari sebelumnya. Terlepas dari masalah harga yang terus naik, mendoan khas Cilacap akan lebih nikmat jika ditemani dengan lalapan cabe cengis dan teh hangat. Selain makanan khas tersebut Cilacap juga memiliki makanan yang hanya terdapat di wilayah timur Cilacap, yaitu ”Yutuk”. Makanan ini berasal dari biota laut bercangkang, yang memiliki karakter seperti kepiting. Menurut sebagian orang jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini akan menyebabkan pusing.
Produk yang dapat dihasilkan dari Yutuk ini diantaranya adalah keripik dan rica-rica. Produk olahan ini banyak terdapat di Pantai Widarapayung dan pantai wilayah timur Cilacap.

1 Komentar sejauh ini
Tinggalkan Komentar

wah jan.. kang
gambare mendoan ne maraih kencot
esuk2 ngobrol nang mbale, ngopi, udud, sandingane mendoan anget karo lombok ijo :)
Komentar oleh bejhoo




Tinggalkan Balasan



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar